Tafsir Al-Qur’an Surah الهمزة / Al-Humazah Ayat 1 Lengkap Arti Terjemah Indonesia

{103} Al-‘Asr / العصر Indeks Al-Qur’an الفيل / Al-Fil {105}

Tafsir Al-Qur’an Surat الهمزة / Al-Humazah (Pengumpat) lengkap dengan tulisan arab latin, arti dan terjemah Bahasa Indonesia. Surah ke 104 Tafsir ayat Ke 1.

Al-Qur’an Surah Al-Humazah Ayat 1

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍۙ

wailul likulli humazatil lumazah

QS. Al-Humazah [104] :1

Arti / Terjemah Ayat

Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,

Tafsir Al-Muyassar (Kementerian Agama Saudi Arabia)

Keburukan dan kebinasaan bagi setiap orang yang suka menggunjing dan suka mencela orang lain.

Tafsir Ibnu Katsir (Tafsir al-Qur’an al-Azhim)

Al-hammaz dan al-lammaz, bedanya: Kalau yang pertama melalui ucapan, sedangkan yang kedua melalui perbuatan. Makna yang dimaksud ialah tukang mencela orang lain dan menjatuhkan mereka. Penjelasan mengenai maknanya telah disebutkan di dalam tafsir firman-Nya:

yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur hasutan. (Al-Qalam:11)

Ibnu Abbas mengatakan bahwa humazah lumazah artinya tukang menjatuhkan orang lain lagi pencela. Ar-Rabi’ ibnu Anas mengatakan bahwa al-humazah mengejek di hadapan, sedangkan lumazah mengejek dari belakang.

Qatadah mengatakan bahwa humazah lumazah mencela orang lain dengan lisan dan matanya, dan suka mengumpat serta menjatuhkan orang lain. Mujahid mengatakan bahwa humazah dengan tangan dan mata, sedangkan lumazah dengan lisan. Hal yang sama telah dikatakan oleh Ibnu Zaid.

Malik telah meriwayatkan dari Zaid ibnu Aslam, bahwa makna yang dimaksud ialah memakan daging orang lain, yakni mengumpat. Kemudian sebagian dari ulama mengatakan bawah orang yang dimaksud ialah Al-Akhnas ibnu Syuraiq, dan pendapat yang lain mengatakan selain dia. Mujahid mengatakan bahwa makna ayat ini umum.

Tafsir as-Sa’di (Taisirul Karimirrahman fi Tafsiri Kalamil Mannan)

(1) وَيْلٌ “Kecelakaanlah,” yaitu ancaman, bencana, dan kerasnya siksa, لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ “bagi setiap pengumpat lagi pencela,” yakni orang yang mengumpat sesama dengan perbuatannya dan mencela sesama dengan perkataannya. اَلْهَمَّازُ adalah orang yang mencela dan memfitnah orang lain dengan isyarat dan tindakan, sedangkan اَللَّمَّازُ adalah orang yang mencela sesama dengan per-kataan.

Tafsir Ringkas Kemenag (Kementrian Agama Republik Indonesia)

Celakalah bagi setiap pengumpat atau pencaci, baik dengan ucapan atau isyarat, dan demikian pula pencela dengan menampilkan keburukan orang lain untuk menghinakannya. Perbuatan ini berdampak buruk dalam pergaulan karena mencoreng wibawa dan kehormatan seseorang, serta menghilangkan kepercayaan kepada orang tersebut. 2. Celakalah orang yang sifatnya demikian, yang selalu menyibukkan diri dan berorientasi pada mengumpulkan harta benda dan menghitung-hitungnya. Dia merasa nyaman untuk menumpuk dan menghitung harta untuk menjamin kehidupannya di masa datang, dan enggan me-nunai’kan hak Allah dalam hartanya itu.


Al-Humazah Ayat 1 Arab-Latin, Terjemah Arti Al-Humazah Ayat 1, Makna Al-Humazah Ayat 1, Terjemahan Tafsir Al-Humazah Ayat 1, Al-Humazah Ayat 1 Bahasa Indonesia, Isi Kandungan Al-Humazah Ayat 1


Koreksi kesalahan penulisan Surah / Ayat / Terjemah / Tafsir? Klik Di Sini


Tafsir Surat Al-Humazah Ayat: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *